Daftar harga hp Android Sony Xperia terbaru 2017 lengkap dengan spesifikasinya.

Minggu, 08 Oktober 2017

Harga Sony Xperia T3 Ultra D5103 Oktober 2017

Smartphone Sony Xperia T3 diluncurkan ke pasaran beberapa waktu lalu untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan hadirnya smartphone kelas menengah dengan layar lebar, kinerja mumpuni dan serta didukung hardware terbaik. Smartphone ini diprediksi bakal menjadi saingan berat bagi HTC Desire 816, menggantikan posisi Xperia T2 Ultra dual yang baru kemarin kita kupas. Tentu saja beragam spesifikasi dan fitur unggulan di kelasnya telah tertanam pada Xperia T3.

Sony Xperia T3 hadir dengan mengusung layar cukup lebar, yakni 5.3 inci. Namun masih lebih kecil dibanding dengan miliknya Xperia C3 yang berukuran 5.5 inci. Dan seperti produk-produk ponsel Sony masa kini, handphone ini juga telah dibekali dengan teknologi layar Sony yang terkenal itu. Diantaranya Triluminos Display dan Sony Mobile Bravia Engine 2.

Mengusung android KitKat sebagai sistem operasinya, Xperia T3 juga didukung oleh prosesor quad core dengan kecepatan 1.4 GHz cortex a7. Chipset yang digunakan juga tidak sembarangan, mereka menggunakan chipset dari Qualcomm dengan seri MSM8928-2 atau dikenal dengan Snapdragon 400. Untuk memori RAM dibekali 1GB dan didukung oleh GPU Adreno 305 untuk menciptakan kualitas gambar yang bagus dan kemampuan yang baik saat menjalankan multitasking.

Untuk urusan kualitas kamera, Sony tidak pernah setengah-setengah. Setiap produknya dibekali dengan teknologi kamera terbaru dan terbaik. Begitu juga dengan lensa kamera yang dibawa oleh Xperia T3. Meski hanya mengandalkan kamera 8 MP sebagai pembidik gambar utamanya, namun fitur dan teknologi yang ditawarkan sangat mendukung untuk menghasilkan kualitas gambar dan video yang bagus.

Kapasitas memori internal yang disediakan adalah 8GB yang harus dibagi untuk kebutuhan sistem. Sementara baterai yang dibawanya berkapasitas 2500 mAh. Walaupun tidak dibekali dengan kemampuan dual SIM, namun sudah mendukung jaringan 4G LTE. Biasanya Sony akan mengeluarkan produk tersendiri yang memiliki fitur dual SIM. Namun, mengenai kehadiran Sony Xperia T3 dual masih belum ada kabar.

Harga Sony Xperia T3 D5103


Meski memiliki desain yang sangat tipis, seperti Sony Xperia Z Ultra, namun Xperia T3 bukan termasuk dalam jajaran ponsel flagship Sony. Ponsel ini ditujukan untuk bermain di segmen kelas menengah. Karena itu, banderol harganya pun tidak sampai di angka 4 jutaan.

Berdasarkan data yang diambil dari tabloid pulsa, bulan ini harga Sony Xperia T3 ada di kisaran Rp. 3,900,000 untuk handset barunya. Sedangkan untuk membawa pulang handset secondnya cukup membawa uang sekitar Rp.3,600,000 saja. Jika melihat fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel ini, sepertinya itu merupakan harga yang cukup sepadan dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Tentunya, di kelas menengah Xperia T3 akan mendapat banyak saingan dari para kompetitor yang membidik segmen ini. Baik dari brand-brand ternama maupun brand lokal yang semakin berani menunjukkan tajinya dalam perebutan konsumen untuk ponsel-ponsel di kelas menengah. Misalnya saja ada pendatang baru Samsung Galaxy Mega 2, dan Himax Pure S dengan prosesor octa core. Ada juga pemain lama Lenovo Vibe X dan IMO Clarity yang sekarang nongkrong di segmen ini.

Sony Xperia T3
Sony Xperia T3, smartphone android kelas menengah dengan prosesor quad core

Review HP Sony Xperia T3 D5103


Jika dilihat dimensinya, Sony Xperia T3 ini memang bongsor alias besar. Sekilas, desainnya mengikut Xperia Z2. Namun, struktur bodynya lebih merujuk pada tampilan smartphone daripada phablet. Tidak seperti ponsel Xperia keluaran terbaru yang berbahan kaca, bak-cover T3 ini menggunakan bahan plastik dengan sentuhan tekstur dop. Frame metal yang menghiasi sisi-sisi bodinya membuat ponsel ini terlihat seperti produk premium.

Meski terlihat bongsor, namun Sony Xperia T3 dibekali bodi yang super tipis, yaitu hanya 7 milimeter. Memang masih klah dibanding Sony Xperia Z ultra yang ketebalannya hanya 6.5 milimeter. Apalagi jika dibandingkan dengan dua ponsel tertipis di dunia saat ini, Vivo X5 Max dan Oppo R5 yang ketebalannya kurang dari 5 milimeter. Meski kalah tipis, namun jika dibandingkan body T3 lebih compact dan kokoh.

Pada bagian kiri ponsel ini hanya terdapat satu port untuk USB sekaligus tempat pengisian daya. Sementara di ruas kanan ada slot untuk microSD dan micro-SIM. Tombol power dan kamera juga berada di ruas sebelah kanan. Sedangkan pada bagian atasnya terdapat lubang untuk jack audio 3.5 mm. Sayangnya, smartphone ini tidak disertai dengan sertifikat tahan air dan debu.

Sony Xperia T3 dibekali dengan layar seluas 5.3 inci yang memiliki resolusi HD (720x1280 pixels). Layar dengan teknologi IPS LCD tersebut memiliki kerapatan layar sebesar 277 ppi. Meski dalam situs resminya ditulis bahwa ponsel ini hanya mampu merespon 4 titik sentuh secara bersamaan, namun setelah diuji ternyata Xperia T3 sanggup merespon 9 titik sentuhan secara bersamaan. Teknologi Triluminos Display dan Sony Bravia Engine 2 yang ditanamkan membuat layar ponsel ini mampu menampilkan kualitas warna yang tajam dan natural. Yang menarik, ponsel ini bisa tetap dioperasikan walaupun kita menggunakan sarung tangan. Caranya dengan menghidupkan fungs dari fitur Glove Mode dari pengaturan.

Sony juga membuat beberapa kustomisasi pada antarmuka di ponsel-ponsel terbarunya. Hal ini untuk memberikan ciri khas antarmuka produk-produk Sony Xperia dengan kompetitor yang sama-sama menggunakan sistem operasi android. Contohnya Oppo dengan Color OS-nya.

Sony Xperia T3 juga telah dibekali dengan beragam fitur yang dapat memudahkan pengguannya. Salah satunya adalah fitur smart call handling seperti yang terdapat pada Xperia Z3 Compact. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menjawab telepon tanpa menekan tombol call, cukup dengan mendekatkan ponsel ke telinga. Untuk mereject, Anda tinggal menggoyangkannya dan untuk mematikan nada dering tinggal membalikkan ponsel.

Sony Xperia T3
Penampakan Sony Xperia T3 dilihat dari samping kiri-kanan dan bawah

Sony Xperia T3 hadir ke pasaran dengan mengusung Android KitKat sebagai sistem operasinya.  Smartphone ini membawa prosesor quad core dengan kecepatan 1.4 GHz cortex a7. Chipset yang digunakan adalah miliknya Qualcomm seri MSM89288-2 Snapdragon 400. Juga didukung RAM 1GB dan GPU Adreno 305. Proses multitasking bisa dijalankan dengan lancar. Bagi yang gemar bermain game, layar ponsel yang cukup besar akan membuat Anda merasa nyaman. Untuk ponsel ukuran kelas menengah, spesifikasi yang dibawa T3 di atas kertas cukup tangguh.

Namun, untuk mengetahui secara pasti keselurhan performanya, maka harus dilakukan pengujian melalui beberapa aplikasi Benchmark. Saat dilakukan pengujian dengan Quadrant Standard, ponsel ini mencatatkan skor sebesar 10507. Unggul sedikit di atas rivalnya seperti HTC Butterfly, HTC One X, LG Optimus G, bahkan seniornya Sony Xperia Z dan Z Ultra. Untuk pengujian dengan aplikasi Antutu, nilai yang didapat adalah 19973. Sedangkan hasil uji grafisnya dengan Nenamark2 mendapatkan angka 58.6 fps.

Perbandingan Hasil Benchmark Sony Xperia T3

Tipe PonselQuadrantAntutu
Sony Xperia T31050719973
Sony Xperia Z746220267
HTC Butterfly772120241
HTC One X+753415584
LG Optimus G754313348

Sebagai sumber dayanya, Sony Xperia T3 dibekali dengan baterai Lithium ion non-removable berkapasitas 2500 mAh. Dengan mengaktifkan fitur Stamina Mode, baterai tersebut sangat bisa diandalkan. Namun, dengan adanya tipe baterai non-removable, muncul kekhawatiran saat ponsel mengalami Hang. Kalau baterai biasa, tinggal dicopot baterai langsung beres. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ponsel ini sudah dibekali dengan tombol reset yang letaknya di atas slot micro-SIM.

Sebagai ponsel kelas menengah, spesifikasi kamera yang dibawa Xperia T3 memang tidak sebagus jajaran ponsel premium. Namun, Sony tetap membekali handsetnya ini dengan teknologi dan fitur terbaru untuk kamera mobile.

Hasil Foto Kamera Sony Xperia T3
Hasil Foto Kamera Sony Xperia T3 - Indoor (atas) dan Outdoor (bawah)

Kamera uatama 8 MP yang dibawa Xperia T3 telah dilengkapi dengan LED flash dan fitur autofocus. Untuk mendapatkan hasil gambar terbaik yang sesuai dengan keinginan, kamera tersebut telah dibekali dengan beberapa mode pengaturan yang cukup lengkap seperti touch focus, face and smile detection, HDR, panorama, Image stabilizer, Superior Auto, Manual, Timeshift burst, AR effect, Creative effect, Sweep Panorama, Social life, dan Portrait retouch. Kamera tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas full HD 1080p@30fps.

Untuk media penyimpanan, ruang yang diberikan oleh Sony tidak begitu besar. Untuk memori internalnya hanya dibekali kapasitas sebesar 8GB itu pun harus dibagi untuk sistem. Beruntung, Xperia T3 juga dilengkapi dengan slot memori tambahan yang dapat menampung kartu memori hingga kapasitas 32GB. Lumayan untuk menyimpan berbagai file gambar hasil jepretan kamera T3.

Beralih ke sarana koneksi dan data. Sony Xperia T3 telah mendukung jaringan 4G LTE sebagai sarana koneksi tercepat untuk tersambung ke internet saat ini. Walaupun layanan ini baru tersedia di beberapa kota besar saja di Indonesia. Jadi, bagi Anda yang berada di kota kecil misalnya, tetap harus puas dengan kecepatan jaringan 3G. Solusi alternatif adalah dengan memanfaatkan WiFi hotspot yang cepat jika tersedia dan tentunya harus membayar lebih mahal.

Smartphone Sony Xperia T3 juga telah dibekali sarana konektifitas yang cukup lengkap untuk terhubung dengan perangkat lainnya. Dari mulai bluetooth, microsUSB hingga NFC - mereka menyebutnya Screen mirroring. Port kabel USB pada Xperia T3 juga sudah bersifat On The Go.

Selain fitur-fitur standar, ponsel ini juga membawa beberapa fitur lain yang cukup berguna. Untuk menambah kualitas audio misalnya, Sony Xperia T3 dibekali dengan teknologi active noise-canceling, fungsinya untuk mengurangi suara bising saat berkomunikasi atau mendengarkan file audio/video. Sehingga suara yang ditangkap oleh telinga tetap jernih. Untuk meningkatkan kualitas speaker internal serta loudspeaker mereka juga menanamkan teknologi Clear Phase dan xLOUD pada Sony Xperia T3.

Pada ponsel ini juga telah ditanamkan widget baru bernama "What's New" seperti yang terdapat pada Xperia Z2. Fungsi widget ini adalah untuk membantu Anda mencari rekomendasi film, musik, game dan aplikasi terbaru yang kompatibel dengan perangkat Anda. Dalam hal ini Sony Xperia T3.

Sony Xperia T3 warna hitam
Gambar smartphone Sony Xperia T3 warna hitam

Spesifikasi Smartphone Sony Xperia T3 D5103

Jaringan 2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3GHSDPA 900 / 2100
Jaringan 4GLTE 800 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
Data 3GHSDPA, 42 Mbps (21 Mbps - D5102); HSUPA, 5.8 Mbps;
Data 4GLTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
KonektifitasBluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0, USB Host, NFC
Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar720 x 1280 pixels, 5.3 inches (~277 ppi pixel density), Multitouch up to 4 fingers
Fitur LayarTriluminos display - Mobile BRAVIA engine 2
Ukuran/Berat150.7 x 77 x 7 mm / 148 gram
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat)
ProsesorQuad-core 1.4 GHz Cortex-A7
ChipsetQualcomm MSM8928-2 Snapdragon 400
GrafisGPU Adreno 305
MemoriInternal 8 GB Storage, 1 GB RAM, microSD up to 32 GB
Kamera Primer8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash,
Fitur KameraGeo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR, panorama
Video Record1080p@30fps, HDR
Kamera Depan1.1 MP, 720p@30fps
Video PlayerXvid/MP4/H.263/H.264 player
MP3 PlayerMP3/eAAC+/WAV/WMA/Flac player
Audio FiturVibration, MP3 Ringtones, Jack 3.5 mm, Speakerphone
BateraiTipe Non-removable Li-Ion 2500 mAh battery
Talk TimeUp to 12 h 46 min (2G) / Up to 14 h 47 min (3G)
StandbyUp to 639 h (2G) / Up to 688 h (3G)
PerpesananSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Fitur TambahanJava MIDP emulator, Stereo FM radio with RDS, ANT+ support, SNS integration - Photo editor - Voice memo/dial - Predictive text input, A-GPS support and GLONASS, Browser HTML5
HargaRp. 3,625,000 (baru) / Rp. 3,150,000 (bekas)

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia T3 D5103


Sebagai ponsel kelas menengah, harga yang ditawarkan Sony untuk Xperia T3 memang terbilang mahal. Belum lagi beberapa fitur yang dibawanya masih terbilang standar. Namun tidak dapat dipungkiri, performa ponsel ini cukup tangguh dengan dukungan prosesor yang bagus dan daya tahan baterai yang kuat.

Kelebihan Sony Xperia T3 (+)
  • Memiliki desain yang tipis, hanya 7 milimeter
  • Dibekali dengan layar lebar dan kualitas jernih
  • Menggunakan prosesor tangguh dari qualcomm snapdragon 400
  • Baterai tahan lama dengan manajemen daya yang sangat bagus

Kekurangan Sony Xperia T3 (-)
  • Kapasitas memori internal masih terbilang kurang besar
  • Kualitas kamera masih di bawah rata-rata untuk ukuran ponsel hampir 4 jutaan

Sony Xperia T3 hadir ke pasaran dengan menawarkan desain slim dan layar yang lebar. Sangat cocok bagi Anda yang doyan memutar film dan bermain game melalui handphone. Ponsel ini juga dibekali prosesor yang tangguh dan daya tahan baterai yang bagus.

Sayangnya, fitur kamera kurang menggigit dengan hanya dibekali lensa 8MP, sementara pesaingnya rata-rata sudah memasang lensa 13MP. Dengan harga hampir menyentuh angka 4 jutaan, Sony terbilang pelit dengan hanya menyertakan memori internal sebesar 8GB. Namun, keputusan terakhir selalu berada di tangan Anda. Apakah menurut anda Sony Xperia T3 ini layak dijadikan sebagai smartphone andalan?

Harga Sony Xperia T3 Ultra D5103 Oktober 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran