Daftar harga hp Android Sony Xperia terbaru 2017 lengkap dengan spesifikasinya.

Minggu, 08 Oktober 2017

Harga Sony Xperia E4 Dual E2115 Oktober 2017

Sony Xperia E4 Dual merupakan ponsel Android garapan Sony mobile yang membidik segmen pasar kelas menengah ke bawah. Jika diperhatikan, selama setahun belakangan ini, deretans martphone yang diunggah produsen ponsel asal Jepang ini didominasi oleh produk-produk kelas menengah ke atas. Hal ini tentunya kurang sedap didengar oleh fans Xperia golongan menengah ke bawah. Malah ada kecenderungan bahwa Sony tak lagi memperhatikan konsumen di arus bawah. Namun hal tersebut segera ditepis dengan hadirnya Xperia E4 dual.

Ponsel ini hadir di tengah-tengah gempuran smartphone-smartphone murah berkualitas yang digawangi oleh Lenovo, Xiaomi, ASUS, Advan dan Evercoss. Namun pihak Sony optimis bahwa prdouknya, Xperia E4 dual bakal dilirik calon konsumen. Pasalnya spesifikasi yang ditawarkan termasuk bagus, fitur-fitur di dalamnya tergolong canggih dan kualitas produk mereka dapat dipertangungjawabkan.

Selain membawa layar 5 inci, spesifikasi lain yang digondol ponsel ini juga tak kalah menarik. Apalagi melihat harga yang ditawarkan hanya sekitar 1,7 jutaan. Dari sgi dapur pacu, ponsel ini sudah disokong dengan prosesor quad core berkecepatan 1,3 GHz. Didukung dengan kapasitas RAM sebesar 1 GB dan memori internal 8 GB. Untuk lebih jelasnya mari kita kupas tuntas mengenai spesifikasi Sony Xperia E4 dual, fitur-fiturnya serta kekurangan dan kelebihannya jka dibanding dengan ponsel lain sebagai kompetitor.

Sony Xperia E4 Dual
Sony Xperia E4 Dual, ponsel harga 1 jutaan dengan layar 5 inci

Layaknya smartphone android murah lain, Xperia E4 dual membawa layar dengan spesifikasi yang tak begitu wah, namun masih tetap terlihat bagus dan tajam. Terlebih lagi ponsel ini sudah mengusung layar berukuran 5 inci yang merupakan standar ukuran layar tak resmi smartphone modern. Layar tipe IPS tersebut mempunyai resolusi 540 x 960 pixel atau sering disebut qHD. Kerapatan layarnya mencapai 220 ppi yang sudah termasuk bagus di mata manusia. Secara desain, ponsel ini terlihat berbeda dengan ponsel-ponsel Sony Xperia lainnya. Dengan keempat ujung membulat malah terlihat seperti produk Samsung Galaxy. Untuk user interfacenya, Sony mengandalkan sistem operasi bawaan yaitu Android Kitkat. Belum diketahui apakah smartphone ini mendapatkan jatah upgrade OS ke Lollipop atau tidak.

Meski sistem operasi yang ditawarkan termasuk jadul, namun bagian dapur pacunya termasuk garang. Pasalnya ponsel satu jutaan ini sduah menempatkan prosesor Quad Core berkecepatan 1,3 GHz sebagai otak inti ditemani RAM sebesar 1 GB. Chipset yang digunakan adalah Mediatek seri MT6582 yang biasa digunakan dalam ponsel-ponsel kelas menengah ke bawah. Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini cukup tangguh dan lancar dalam mengeksekusi berbagai perintah. Termasuk saat diajak jalan-jalan di internet. Untuk kemampuan grafisnya dipercayakan pada GPU Mali-400MP2 guna memastikan suguhan grafik saat bermain game maupun menampilkan video tersaji apik.

Untuk menguji ketangguhan ponsel ini, perlu dilakukan pengujian melalui berbagai aplikasi Benchmark. Kita bisa melihat perbandingan hasilnya dengan ponsel-ponsel lain yang menjadi kompetitornya. Berikut tabel hasil Bencmark dari Sony Xperia E4 dual dibandingkan dengan para pesaing.
Tipe PonselQuadrant StandardAntutu Benchmark
Sony Xperia E4 Dual870519470
Nexian Journey One557519711
IMO Hero654719434
ASUS Zenfone 4S694118871
Advan Vandroid S6723418507
Mito Fantasy Note687417181

Urusan konektivitas tak ketinggalan untuk diulas. Namun sayangnya spesifikasi konektivitas dan jaringan yang ditawarkan Xperia E4 ini masih belum cukup optimal. Untuk terhubung ke internet hanya bisa melalui jalur data 3G dan Wifi htospot. Tanpa adanya dukungan jaringan 4G LTE. Padahal ini merupakan jalur data tercepat di Indonesia saat ini. Namun tak apalah, toh koneksi internet HSDPA juga sudah lumayan cepat asal dapat sinyal H+. Sebagai sarana bertukar file, ada bluetooth dan port microUSB yang sudah mendukung US On The Go. Sayangnya, ponse yang sudah mendukung dual SIM card ini belum disertai fitur canggih seperti Hot Knot atau NFC yang memungkinkan transfer file lebih cepat.

Sebagai ponsel modern, kemampuan kamera depan dan belakang akan menjadi faktor yang dipertimbangkan oleh calon konsumen untuk memilih sebuah smartphone. Untuk itu, Sony membekali produknya ini dengan dua buah kamera. Kamera belakang sebesar 5 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. Kemampuan kamera belakangnya cukup bagus karena sudah dilengkapi dengan LED flash dan autofokus. Sebagai perekam video kamera tersebut bisa merekam video dengan kualitas 1080p@30fps. Ditambah dengan beberapa pengaturan dan fitur yang dapat memaksimalkan hasil gambar, kamera belakang Sony Xperia E4 memang bisa diandalkan. Kemampuan kamera depannya juga cukup bagus dan menghasilkan foto selfie yang tak mengecewakan.

Sebagai penyimpan data, Xperia E4 membekali dirinya dengan memori internal sebesar 8 GB. Serta slot memori eksternal yang bisa dijejali kartu memori hingga kapasitas 32 GB. Bicara mengenai kapastas, ponsel ini menggunakan baterai berkapasitas 2300 mAh untuk bertahan hidup. Baterai tersebut bisa bertahan selama 552 jam dalam mode standby. Sedangkan dalam mode bicara waktu yang ersedia adalah 12 jam. Meski kelihatan sebentar, tapi lumayan bisa buat kuping panas dan bibir dower jika bicara ditelepon selama itu.
Sony Xperia E4 E2115
Sony Xperia E4 E2115, membawa teknologi dual SIM dan prosesor Quad Core

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia E4 Dual E2115

JaringanGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2, 3G/HSDPA 850 / 1900 / 2100
LayarTipe IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 540 x 960 pixels, 5.0 inches (~220 ppi pixel density)
Dimensi137 x 74.6 x 10.5 mm / 144 g
OSAndroid OS, v4.4.4 (KitKat)
CPUMediatek MT6582, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400MP2
MemoriInternal 8 GB, 1 GB RAM, Eksternal microSD up to 32 GB
KameraPrimer 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, Video Record 1080p@30fps
Sekunder 2 MP, 720p
SIM CardMultiple SIM (Dual SIM GSM-GSM)
Data3G HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, EDGE, GPRS
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
KonektivitasBluetooth v4.1, A2DP, apt-X, Port microUSB v2.0
BateraiTipe Non-removable Li-Ion 2300 mAh battery
Talk Time Up to 12 h (2G) / Up to 12 h 40 min (3G)
Standby Up to 552 h (2G) / Up to 548 h (3G)
FiturJava emulator, Stereo FM radio with RDS, ANT+ support, SNS integration, Photo editor, Voice memo/dial, Predictive text input
HargaBaru : Rp. 1,775,000.00 / Second : Rp. 1,300,000.00

Harga Sony Xperia E4 dual memang terbilang mahal untuk ukuran ponsel yang membawa spesifikasi seperti di atas. Namun, hasil Benchmark bisa menjadi salah satu pegangan bahwa kinerja ponsel ini memang di atas rata-rata para kompetitornya. Lihat juga harga Hp Sony E series lainnya sebagai perbandingan. Jika sudah mendapatkan harga yang cocok, baru lihat spesifikasinya secara lengkap.

Kelebihan lain yang dimiliki ponsel ini adalah layarnya yang cukup besar sehingga sangat leluasa digunakan untuk bermain game, menonton video maupun berselancar di dunia maya. Prosesor Quad Core dan kapasitas RAM serta ROM-nya sangat mendukung kinerja ponsel secara keseluruhan. Kemampuan dual SIM serta teknologi USB OTG pada sisi onsktivitas juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Selain harganya yang mahal, Xperia E4 masih menyisakan beberapa kekurangan yang akan memberikan nilai negatif di mata konsumen. Salah satunya adalah ketiadaan duungan terhadap jaringan 4G. Padahal, kehadiran ponsel tergolong baru di saat jaringan 4G LTE sudah diresmikan di Indonesia. Sistem operasi yang ditawarkannya juga tergolong lawas, sementara banyak diantara para pesaingnya yang sudah beralih ke OS lebih baru seperti Lollipop.

Harga Sony Xperia E4 Dual E2115 Oktober 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Orang Pangandaran